Kamis, 29 Oktober 2015

MAKALAH TEORI KURIKULUM



MAKALAH
TEORI KURIKULUM




Semester V
Mata Kuliah:
PENGEMBANGAN KURIKULUM
Dosen Pengampu:
Asikin, S.Pd

Disusun Oleh:
Kelompok I ( satu )
v  Suriman
v  Jalaludin
v  Darsono
v  Munawar
v  Amin taufik

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BREBES ( STAIB)
TAHUN 2015
KATA PENGANTAR

Pertama – tama penulis ingin memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt, atas segala rahmat dan petunjuk nya, dalam proses pembuatan makalah ini dari awal hingga akhir pembuatan sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini.
Penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk menjadi pedoman dalam belajar para mahasiswa dan untuk memenuhi tugas kelompok . Untuk memenuhi maksud  tersebut pemakalah mengumpulkan data dari buku acuan pembelajaran  untuk dijadikan pembahasan pada materi makalah ini dengan Mata  kuliah Analisis Pengembangan Kurikulum .
Dalam penyusunan makalah kami tak jarang mengalami beberapa kendala seperti keterbatasan materi maupun proses pengembangan materi itu sendiri . oleh karena itu makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran dari bapak/ibu dosen dan teman teman sangat kami harapkan.
Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
         1.  Bapak Asikin, S.Pd  (Dosen Analisis Pengembangan Kurikulum)
         2. Orang tua serta teman – teman yang telah memberikan dorongan dan membantu saya menyelesaikan pembuatan makalah ini.

Akhirnya pemakalah mengharapkan semoga makalah ini bermanfaat bagi pembacanya khususnya bagi rekan – rekan mahasiswa .



Brebes,                     2015


Penyusun



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
1.      Latar Belakang
2.      Rumusan Masalah
3.      Tujuan
Bab II Pembahasan Masalah
A.   Apakah Teori Itu?
B.   Teori Pendidikan
C.   Teori Kurikulum
Bab III  Penutup
       -    Kesimpulan
      DAFTAR PUSTAKA







BAB I
PENDAHULUAN 
1.        Latar Belakang
Model pengembangan kurikulum adalah suatu istilah yang di gunakan ahli pendidikan dalam rangka mencari cara untuk perubahan kurikulum.
Perubahan kurikulum terjadi karena adanya perubahan kehidupan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan di bidang yang berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat.
Mulyani Sumantri (1988) menyatakan bahwa pengembangan kurikulum harus di lakukan berdasarkan teori yang telah di konseptualisasikan secara teliti, terhindar dari pengaruh-pengaruh yang tidak baik, seperti paham-paham yang tidak mendukung pembaharauan dan kebutuhan masa depan.
Perubahan kurikulum di tingkat pendidikan tinggi secara tidak langsung akan memepengaruhi tugas pendidik sebab komponen-komponen yang terkait dengan tugas pendidik dalam proses pembelajaran akan selalu mengalami perbaikan-perbaikan untuk mencari bahan-bahan ajar.
2.        Rumusan Masalah
A.   Apakah Teori Itu?
B.   Teori Pendidikan
C.   Teori Kurikulum
3.        Tujuan
Untuk mengetahui pengertian teori dan kurikulum.

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Apakah teori itu?
Teori merupakan suatu set atau sistem pernyataan yang menjelaskan serangkaian hal, ketidaksepakatannya terletak pada karakteristik pernyataan tersebut.
1.     Pernyataan dalam suatu teori bersifat memadukan.
2.     Pernyataan itu tersebut berisi kaidah-kaidah umum.
3.     Pernyataan bersifat meramalkan.
Karakteristik memadukan banyak di setujui oleh para perumus teori.seperti yang di kemukakan Kaplan.
Apakah fungsi teori?
Teory yang sudah di sepakati para ilmuan yaitu;
1)     Mendeskripsikan
2)     Menjelaskan
3)     Memprediksi
Bagaimana proses pembentukan suatu teori atau bagaimana proses berteori berlangsung, melalui beberapa langkah.
1.     Pendifinisian istilah merupakan hal yang sangat penting dalam berteori, terutama berkenaan dengan kejelasan atau ketepatan penggunaan istilah yang telah di dedefinisikan.
2.     Klasifikasi yaitu pengelompokan informasi-informasi yang relevan dengan kategori-kategori yang sejenis, klasifikasi juga merupakan pengelompokan fakta dan generalisasi ke dalam kelompok-kelompokyang homogeny, tetapi tidak menjelaskan interelasi antarkelompok atau interaksi antara fakta dengan generalisasi dalam suatu kelompok.
3.     Mengadakan induksi dan deduksi.
4.     Informasi, prediksi, dan penelitian.
5.     Pembentukan model-model.
6.     Pembentukan subteori.

B.      Teori pendidikan
Pendidikan hanyalah suatu profesi, yang di tandai sejumlah pelayanan yang di berikannya.
March Beth dalam bukunya Education as a Discipline (1965) menegaskan bahwa pendidikan adalah suatu disiplin. Ia menolak pandangan bahwa pendidikan hanyalah aplikasi dari disiplin-disiplin lain.pendidikan adalah suatu bidang studi dalam bidangnya.Pengembangan teori pendidikan menjadi semakin besar dan pesat dengan berkembangnya sub-subteori pendidikan, yaiyu bimbingan dan konseling, kurikulum, penyuluhan, pengajaran, evaluasi, dan administrasi pendidikan.
C.      Teori kurikulum.
1)     Konsep kurikulum
2)     Perkembangan teori kurikulum
·       Sumber pengembangan kurikulum
·       Desain dan rekayasa kurikulum.



BAB III
PENUTUP


SIMPULAN
Teori merupakan suatu set atau sistem pernyataan yang menjelaskan serangkaian hal, ketidaksepakatannya terletak pada karakteristik pernyataan tersebut.
Pendidikan hanyalah suatu profesi, yang di tandai sejumlah pelayanan yang di berikannya.
Teori Kurikulum meliputi Konsep kurikulum, Perkembangan teori kurikulum
·       Sumber pengembangan kurikulum
·       Desain dan rekayasa kurikulum.













DAFTAR PUSTAKA


Prof. Dr. Nana Syaodih sukadinata 2010, pengembangan kurikulum, bandung PT. Remaja Rosdakarya.

1 komentar: