MAKALAH
TEORI KURIKULUM
Semester
V
Mata
Kuliah:
PENGEMBANGAN
KURIKULUM
Dosen
Pengampu:
Asikin,
S.Pd
Disusun
Oleh:
Kelompok
I ( satu )
v Suriman
v Jalaludin
v Darsono
v Munawar
v Amin taufik
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM BREBES ( STAIB)
TAHUN
2015
KATA PENGANTAR
Pertama – tama penulis
ingin memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt, atas segala rahmat dan
petunjuk nya, dalam proses pembuatan makalah ini dari awal hingga akhir
pembuatan sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini.
Penyusunan makalah ini
dimaksudkan untuk menjadi pedoman dalam belajar para mahasiswa dan untuk
memenuhi tugas kelompok . Untuk memenuhi maksud tersebut pemakalah mengumpulkan data dari buku
acuan pembelajaran untuk dijadikan
pembahasan pada materi makalah ini dengan Mata
kuliah Analisis Pengembangan Kurikulum .
Dalam penyusunan
makalah kami tak jarang mengalami beberapa kendala seperti keterbatasan materi
maupun proses pengembangan materi itu sendiri . oleh karena itu makalah ini
masih jauh dari kesempurnaan, kritik dan saran dari bapak/ibu dosen dan teman
teman sangat kami harapkan.
Ucapan terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada:
1.
Bapak Asikin, S.Pd (Dosen Analisis
Pengembangan Kurikulum)
2. Orang tua serta teman –
teman yang telah memberikan dorongan dan membantu saya menyelesaikan pembuatan
makalah ini.
Akhirnya pemakalah mengharapkan semoga makalah ini bermanfaat bagi
pembacanya khususnya bagi rekan – rekan mahasiswa .
Brebes, 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
1. Latar Belakang
2. Rumusan Masalah
3. Tujuan
Bab II Pembahasan
Masalah
A. Apakah Teori Itu?
B. Teori Pendidikan
C. Teori Kurikulum
Bab III Penutup
- Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Model pengembangan kurikulum adalah
suatu istilah yang di gunakan ahli pendidikan dalam rangka mencari cara untuk
perubahan kurikulum.
Perubahan kurikulum terjadi karena
adanya perubahan kehidupan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta
perkembangan di bidang yang berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat.
Mulyani Sumantri (1988) menyatakan
bahwa pengembangan kurikulum harus di lakukan berdasarkan teori yang telah di
konseptualisasikan secara teliti, terhindar dari pengaruh-pengaruh yang tidak
baik, seperti paham-paham yang tidak mendukung pembaharauan dan kebutuhan masa
depan.
Perubahan kurikulum di tingkat
pendidikan tinggi secara tidak langsung akan memepengaruhi tugas pendidik sebab
komponen-komponen yang terkait dengan tugas pendidik dalam proses pembelajaran
akan selalu mengalami perbaikan-perbaikan untuk mencari bahan-bahan ajar.
2.
Rumusan Masalah
A. Apakah
Teori Itu?
B. Teori Pendidikan
C. Teori Kurikulum
3.
Tujuan
Untuk mengetahui pengertian teori
dan kurikulum.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Apakah teori itu?
Teori merupakan
suatu set atau sistem pernyataan yang menjelaskan serangkaian hal,
ketidaksepakatannya terletak pada karakteristik pernyataan tersebut.
1. Pernyataan dalam suatu teori bersifat
memadukan.
2. Pernyataan itu tersebut berisi kaidah-kaidah
umum.
3. Pernyataan bersifat meramalkan.
Karakteristik
memadukan banyak di setujui oleh para perumus teori.seperti yang di kemukakan
Kaplan.
Apakah fungsi
teori?
Teory yang sudah di
sepakati para ilmuan yaitu;
1) Mendeskripsikan
2) Menjelaskan
3) Memprediksi
Bagaimana proses
pembentukan suatu teori atau bagaimana proses berteori berlangsung, melalui
beberapa langkah.
1. Pendifinisian istilah merupakan hal yang
sangat penting dalam berteori, terutama berkenaan dengan kejelasan atau ketepatan
penggunaan istilah yang telah di dedefinisikan.
2. Klasifikasi yaitu pengelompokan
informasi-informasi yang relevan dengan kategori-kategori yang sejenis,
klasifikasi juga merupakan pengelompokan fakta dan generalisasi ke dalam
kelompok-kelompokyang homogeny, tetapi tidak menjelaskan interelasi
antarkelompok atau interaksi antara fakta dengan generalisasi dalam suatu
kelompok.
3. Mengadakan induksi dan deduksi.
4. Informasi, prediksi, dan penelitian.
5. Pembentukan model-model.
6. Pembentukan subteori.
B. Teori pendidikan
Pendidikan hanyalah
suatu profesi, yang di tandai sejumlah pelayanan yang di berikannya.
March Beth dalam
bukunya Education as a Discipline (1965) menegaskan bahwa pendidikan adalah
suatu disiplin. Ia menolak pandangan bahwa pendidikan hanyalah aplikasi dari
disiplin-disiplin lain.pendidikan adalah suatu bidang studi dalam
bidangnya.Pengembangan teori pendidikan menjadi semakin besar dan pesat dengan
berkembangnya sub-subteori pendidikan, yaiyu bimbingan dan konseling,
kurikulum, penyuluhan, pengajaran, evaluasi, dan administrasi pendidikan.
C. Teori kurikulum.
1) Konsep kurikulum
2) Perkembangan teori kurikulum
· Sumber pengembangan kurikulum
· Desain dan rekayasa kurikulum.
BAB
III
PENUTUP
SIMPULAN
Teori merupakan
suatu set atau sistem pernyataan yang menjelaskan serangkaian hal,
ketidaksepakatannya terletak pada karakteristik pernyataan tersebut.
Pendidikan hanyalah
suatu profesi, yang di tandai sejumlah pelayanan yang di berikannya.
Teori
Kurikulum meliputi Konsep kurikulum, Perkembangan teori kurikulum
· Sumber pengembangan kurikulum
· Desain dan rekayasa kurikulum.
DAFTAR PUSTAKA
Prof. Dr. Nana Syaodih sukadinata 2010, pengembangan
kurikulum, bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Terimakasih dah buka di blogger saya
BalasHapus